Pendekatan STEM Berbasis GeoGebra Pada Materi Fungsi Kuadrat Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15644Keywords:
Fungsi Kuadrat, STEM, GeoGebra, Pemahaman Siswa, Pembelajaran Berbasis ProyekAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pendekatan STEM pada materi fungsi kuadrat melalui proyek pembuatan ketapel dan pemanfaatan aplikasi GeoGebra guna meningkatkan pemahaman siswa SMK. Kombinasi pendekatan STEM dengan proyek ketapel dan GeoGebra dalam konteks pembelajaran fungsi kuadrat di SMK masih relatif jarang diteliti,, sehingga memberikan kontribusi kebaruan dari sisi metodologis dan kontekstual. Ketapel dipilih sebagai produk proyek karena memiliki lintasan parabola yang secara kontekstual merepresentasikan grafik fungsi kuadrat, sehingga memudahkan siswa dalam mengaitkan konsep matematika dengan fenomena nyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan STEM melalui proyek ketapel dan penggunaan GeoGebra mampu meningkatkan keterlibatan siswa dan memperdalam pemahaman konseptual serta representasional mereka terhadap fungsi kuadrat. Peningkatan ini tampak dari hasil tes pemahaman dan pernyataan siswa dalam wawancara, seperti pemahaman mereka terhadap bentuk grafik parabola dan parameter-parameter fungsi kuadrat. Simpulan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa integrasi proyek kontekstual dan teknologi dapat menjadi strategi efektif dalam pembelajaran matematika di SMK
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â