Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Authors

  • Nove Susanti Waruwu Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia
  • Rita Destini Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia
  • Dedy Juliandri Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia
  • Firmansyah Firmansyah Universitas Msulim Nusantara Al Washliyah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15745

Keywords:

Model PBL, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Statistika

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design. Dalam desain ini, satu kelompok siswa diberikan tes sebelum perlakuan (pretest), kemudian diberikan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL), dan setelah itu diberikan tes kembali (posttest) untuk melihat pengaruh perlakuan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis mereka. sampel penelitian ini adalah peserta didik dari kelas VIII-1 di SMPN 3 Mandrehe Barat yang berjumlah 19 siswa pada materi statistika. Data hasil tes kemudian dianalisis dengan dilakukan uji normalitas data menggunakan uji Shapiro-Wilk. Jika data berdistribusi normal, maka digunakan uji t-pasangan (paired sample t-test) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttes. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini, Hasil analisis menunjukkan bahwa kelas yang mengikuti pembelajaran TGT mengalami peningkatan signifikan dalam kemampuan penalaran matematis dari 14,06% menjadi 66,22%, dan komunikasi matematis dari 20,73% menjadi 61,26%. Terdapat pula hubungan yang erat antara kedua kemampuan tersebut.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Waruwu, N. S., Destini, R., Juliandri, D., & Firmansyah, F. (2025). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Media Pendidikan Matematika, 13(1), 454–463. https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15745

Issue

Section

Articles

Citation Check