Pengembangan Media Adventure with Math untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15770Keywords:
media pembelajaran, pembelajaran matematika, materi bangun datar.Abstract
Pengembangan suatu media merupakan suatu proses merancang, membuat, menguji, dan menyempurnakan suatu alat pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media “Adventure with Math†untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa kelas IV terhadap materi Bangun Datar. Subjek utama penelitian ini adalah peserta didik kelas IV. Model penelitian yang digunakan ialah model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Untuk mengetahui kevalidan media ini dilakukan uji pakar media dan uji pakar materi yang dinilai oleh para ahli, yaitu guru dan dosen. Sedangkan kepraktisan dari media ini dilakukan uji coba kepada tiga peserta didik kelas IV, dengan cara memberikan kartu soal materi “Bangun Datar†yang telah mereka pelajari dengan menonton video pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media yang peneliti kembangkan. Dari hasil uji coba tersebut, media “Adventure with Math†terbukti valid dan praktis. Hal ini terbukti melalui persentase yang telah tercapai untuk uji pakar materi sebesar 85,45% dan presentase uji pakar media sebesar 92,94%. Dan media “Adventure with Math†juga terbukti praktis. Hal ini terbukti berdasarkan uji kepraktisan yang telah dinilai oleh guru dan juga berdasarkan uji coba ke siswa dengan presentase uji kepraktisan oleh guru sebesar 81,11% dan presentase uji coba ke siswa sebesar 89,63%. Sehingga, media “Adventure With Math†ini sudah terbukti valid dan praktis melalui tahapan tersebut.
Downloads
Published
2025-06-30
How to Cite
Azzahra, M., Kurniawan, R., Sapitri, T. S., Mahendra, Y., Zulkardi, Z., Mulyono, B., … Susanti, E. (2025). Pengembangan Media Adventure with Math untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar. Media Pendidikan Matematika, 13(1), 490–508. https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15770
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â