Pengembangan Media Adventure with Math untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar

Authors

  • Maghfiroh Azzahra Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Rendi Kurniawan Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Tirta Sari Sapitri Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Yudha Mahendra Sriwijaya University, Indonesia
  • Zulkardi Zulkardi Sriwijaya University, Indonesia
  • Budi Mulyono Sriwijaya University, Indonesia
  • Meryansumayeka Meryansumayeka Sriwijaya University, Indonesia
  • Elsa Susanti Sriwijaya University, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15770

Keywords:

media pembelajaran, pembelajaran matematika, materi bangun datar.

Abstract

Pengembangan suatu media merupakan suatu proses merancang, membuat, menguji, dan menyempurnakan suatu alat pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media “Adventure with Math†untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa kelas IV terhadap materi Bangun Datar. Subjek utama penelitian ini adalah peserta didik kelas IV. Model penelitian yang digunakan ialah model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Untuk mengetahui kevalidan media ini dilakukan uji pakar media dan uji pakar materi yang dinilai oleh para ahli, yaitu guru dan dosen. Sedangkan kepraktisan dari media ini dilakukan uji coba kepada tiga peserta didik kelas IV, dengan cara memberikan kartu soal materi “Bangun Datar†yang telah mereka pelajari dengan menonton video pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media yang peneliti kembangkan. Dari hasil uji coba tersebut, media “Adventure with Math†terbukti valid dan praktis. Hal ini terbukti melalui persentase yang telah tercapai untuk uji pakar materi sebesar 85,45% dan presentase uji pakar media sebesar 92,94%. Dan media “Adventure with Math†juga terbukti praktis. Hal ini terbukti berdasarkan uji kepraktisan yang telah dinilai oleh guru dan juga berdasarkan uji coba ke siswa dengan presentase uji kepraktisan oleh guru sebesar 81,11% dan presentase uji coba ke siswa sebesar 89,63%. Sehingga, media “Adventure With Math†ini sudah terbukti valid dan praktis melalui tahapan tersebut.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Azzahra, M., Kurniawan, R., Sapitri, T. S., Mahendra, Y., Zulkardi, Z., Mulyono, B., … Susanti, E. (2025). Pengembangan Media Adventure with Math untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar. Media Pendidikan Matematika, 13(1), 490–508. https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15770

Issue

Section

Articles

Citation Check