Analisis Kemampuan Siswa Kelas VII SMPN 3 Plampang dalam Menyelesaikan Soal Aljabar

Authors

  • Ela Putri Adekayanti Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • Sanapiah Sanapiah Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • Reny Amalia Permata Program Studi Sains Aktuaria, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15892

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan siswa kelas VII SMPN 3 Plampang dalam menyelesaikan soal-soal aljabar, serta mengidentifikasi berbagai kesulitan yang mereka alami. Sebanyak 25 siswa menjadi partisipan dalam penelitian ini, dengan 9 soal uraian digunakan sebagai instrumen pengukuran. Metode yang diterapkan adalah deskriptif kuantitatif, di mana data dikumpulkan melalui tes uraian dan dianalisis menggunakan teknik deskriptif berupa persentase dan pengelompokan berdasarkan tingkat penguasaan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa masih menghadapi kendala dalam memahami operasi bentuk aljabar, membedakan dan mengelompokkan suku sejenis, serta menerapkan konsep aljabar dalam konteks soal cerita. Oleh karena itu, disarankan agar proses pembelajaran menggunakan pendekatan yang lebih nyata dan kontekstual, seperti pemanfaatan media konkret (contohnya papan aljabar) serta penyajian soal-soal yang relevan dengan situasi kehidupan sehari-hari, guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi aljabar

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Adekayanti, E. P., Sanapiah, S., & Permata, R. A. (2025). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VII SMPN 3 Plampang dalam Menyelesaikan Soal Aljabar. Media Pendidikan Matematika, 13(1), 209–219. https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15892

Issue

Section

Articles

Citation Check