Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa Melalaui Penerapan Strategi Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments di SMPN 28 Medan
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15917Keywords:
Strategi TGT, Pembelajaran Kooperatif, Penalaran dan Komunikasi MatematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournaments (TGT) terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa SMP. Latar belakang penelitian didasarkan pada rendahnya kedua kemampuan tersebut di SMP Negeri 28 Medan. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, melibatkan dua kelas, yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-3 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing berjumlah 25 orang dan dipilih secara acak. Kelas eksperimen menggunakan strategi TGT, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa tes uraian pada materi relasi dan fungsi. Hasil menunjukkan peningkatan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis dari 60% menjadi 85% pada kelas eksperimen. Selain itu, terdapat hubungan positif yang signifikan antara kedua kemampuan tersebut. Strategi TGT terbukti efektif dan direkomendasikan sebagai pendekatan inovatif dalam pembelajaran matematika.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â