Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa Melalaui Penerapan Strategi Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments di SMPN 28 Medan

Authors

  • Nurarfah Hanum Simbolon Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia
  • Rita Destini Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia
  • Firmansyah Firmansyah Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia
  • Cut Latifah Zahari Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15917

Keywords:

Strategi TGT, Pembelajaran Kooperatif, Penalaran dan Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournaments (TGT) terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa SMP. Latar belakang penelitian didasarkan pada rendahnya kedua kemampuan tersebut di SMP Negeri 28 Medan. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, melibatkan dua kelas, yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-3 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing berjumlah 25 orang dan dipilih secara acak. Kelas eksperimen menggunakan strategi TGT, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa tes uraian pada materi relasi dan fungsi. Hasil menunjukkan peningkatan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis dari 60% menjadi 85% pada kelas eksperimen. Selain itu, terdapat hubungan positif yang signifikan antara kedua kemampuan tersebut. Strategi TGT terbukti efektif dan direkomendasikan sebagai pendekatan inovatif dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Additional Files

Published

2025-06-30

How to Cite

Simbolon, N. H., Destini, R., Firmansyah, F., & Zahari, C. L. (2025). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa Melalaui Penerapan Strategi Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments di SMPN 28 Medan. Media Pendidikan Matematika, 13(1), 479–489. https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15917

Issue

Section

Articles

Citation Check