Analisis Strategi Menigkatkan Hasil Belajar Matematika dan Berpikir Kristis Siswa Dengan LKPD Berbasis PBL

Authors

  • Ferry Hutagaul Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Wasino Wasino Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Nuni Widiarti Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Agus Yuwono Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15951

Keywords:

Problem Based Learning, LKPD, Critical Thinking, learning outcomes, Mathematics

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis pengaruh penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem-Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. Fenomena rendahnya capaian pembelajaran matematika di Indonesia, serta kebutuhan mendesak akan pendekatan pembelajaran yang mendorong berpikir tingkat tinggi, menjadi latar belakang studi ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode Systematic Literature Review (SLR) dengan menelaah 30 artikel ilmiah nasional dan internasional yang dipublikasikan antara tahun 2019 hingga 2025. Data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi dari basis data seperti Google Scholar, SINTA, Garuda, dan DOAJ. Artikel yang terpilih dianalisis secara tematik dan naratif berdasarkan jenjang pendidikan, desain LKPD, dan capaian pembelajaran. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan LKPD berbasis PBL secara konsisten mampu meningkatkan hasil belajar siswa serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis, logis, dan reflektif. Temuan juga mengungkapkan peningkatan keaktifan, kemandirian belajar, serta motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Secara teoritis, hasil studi mendukung pendekatan konstruktivistik dan pembelajaran berpusat pada siswa. Implikasi penelitian ini mencakup penguatan kebijakan pendidikan berbasis bukti, pengembangan perangkat ajar yang kontekstual, serta pelatihan guru dalam desain dan implementasi LKPD PBL. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan LKPD berbasis digital dan studi longitudinal yang mencakup dimensi afektif dan psikomotorik untuk pemahaman yang lebih holistik.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Hutagaul, F., Wasino, W., Widiarti, N., & Yuwono, A. (2025). Analisis Strategi Menigkatkan Hasil Belajar Matematika dan Berpikir Kristis Siswa Dengan LKPD Berbasis PBL. Media Pendidikan Matematika, 13(1), 196–208. https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15951

Issue

Section

Articles

Citation Check