Analisis Strategi Menigkatkan Hasil Belajar Matematika dan Berpikir Kristis Siswa Dengan LKPD Berbasis PBL
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15951Keywords:
Problem Based Learning, LKPD, Critical Thinking, learning outcomes, MathematicsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis pengaruh penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem-Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. Fenomena rendahnya capaian pembelajaran matematika di Indonesia, serta kebutuhan mendesak akan pendekatan pembelajaran yang mendorong berpikir tingkat tinggi, menjadi latar belakang studi ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode Systematic Literature Review (SLR) dengan menelaah 30 artikel ilmiah nasional dan internasional yang dipublikasikan antara tahun 2019 hingga 2025. Data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi dari basis data seperti Google Scholar, SINTA, Garuda, dan DOAJ. Artikel yang terpilih dianalisis secara tematik dan naratif berdasarkan jenjang pendidikan, desain LKPD, dan capaian pembelajaran. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan LKPD berbasis PBL secara konsisten mampu meningkatkan hasil belajar siswa serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis, logis, dan reflektif. Temuan juga mengungkapkan peningkatan keaktifan, kemandirian belajar, serta motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Secara teoritis, hasil studi mendukung pendekatan konstruktivistik dan pembelajaran berpusat pada siswa. Implikasi penelitian ini mencakup penguatan kebijakan pendidikan berbasis bukti, pengembangan perangkat ajar yang kontekstual, serta pelatihan guru dalam desain dan implementasi LKPD PBL. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan LKPD berbasis digital dan studi longitudinal yang mencakup dimensi afektif dan psikomotorik untuk pemahaman yang lebih holistik.
Downloads
Additional Files
Published
2025-06-30
How to Cite
Hutagaul, F., Wasino, W., Widiarti, N., & Yuwono, A. (2025). Analisis Strategi Menigkatkan Hasil Belajar Matematika dan Berpikir Kristis Siswa Dengan LKPD Berbasis PBL. Media Pendidikan Matematika, 13(1), 196–208. https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15951
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â