Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media PhET dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.16028Keywords:
Problem-Based Learning, PhET Simulation, hasil belajar, pecahan, sekolah dasarAbstract
Pembelajaran matematika di sekolah dasar masih menghadapi berbagai kendala, terutama pada materi yang bersifat abstrak seperti pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan media simulasi interaktif PhET terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Bubulak 03 dengan subjek sebanyak 20 siswa kelas III yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimental tipe One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen pengumpulan data berupa 10 soal esai yang mengukur tingkat berpikir tinggi (C4–C6). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest sebesar 48,00 meningkat menjadi 80,50 pada posttest. Hasil analisis N-Gain menunjukkan bahwa 55% siswa mengalami peningkatan sedang, 35% tinggi, dan 10% rendah, tanpa ada siswa yang mengalami penurunan. Uji Paired Sample t-Test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara nilai sebelum dan sesudah perlakuan. Temuan ini membuktikan bahwa model integrasi PBL dengan media PhET efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pecahan serta menciptakan proses pembelajaran yang lebih aktif, kolaboratif, dan bermakna di tingkat dasar sekolah.
Downloads
Published
2025-06-30
How to Cite
Muhdantiar, W., & Kasriman, K. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media PhET dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Media Pendidikan Matematika, 13(1), 183–195. https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.16028
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â