Pengembangan Media Patrafu Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Menengah Atas Pada Materi Transformasi Fungsi

Authors

  • Inayatul Karimah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Indonesia
  • Wahyu Lestari Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Indonesia
  • Eko Waluyo Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.16243

Keywords:

PATRAFU, transformasi fungsi, pemahaman konsep, media pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PATRAFU (Papan Transformasi Fungsi) guna meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi transformasi fungsi. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas XI MA Fatahillah. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli, angket respon siswa, dan tes pemahaman konsep. Hasil validasi menunjukkan bahwa media PATRAFU memperoleh persentase kelayakan sebesar 100% dari ahli media dan 75% dari ahli materi, yang termasuk dalam kategori layak. Skor rata-rata angket respon siswa sebesar 93,73% menunjukkan bahwa media ini diterima dengan sangat baik. Pemahaman konsep siswa meningkat dari 26,06% (pretest) menjadi 70,34% (posttest). Hasil analisis gain ternormalisasi menunjukkan nilai rata-rata sebesar 0,6 yang termasuk dalam kategori sedang. Meskipun ketuntasan belajar klasikal belum sepenuhnya tercapai (hanya 73,08% siswa mencapai ketuntasan minimal sedang), penggunaan media PATRAFU menunjukkan potensi positif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa secara visual dan interaktif. Media ini direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran khususnya pada materi transformasi fungsi.

Author Biography

Inayatul Karimah, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Mahasiswa

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Karimah, I., Lestari, W., & Waluyo, E. (2025). Pengembangan Media Patrafu Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Menengah Atas Pada Materi Transformasi Fungsi. Media Pendidikan Matematika, 13(1), 402–412. https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.16243

Issue

Section

Articles

Citation Check