Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Pekanbaru Pada Materi SPLDV

Authors

  • Ibnah Wanda Fahrani Universitas Riau, Indonesia
  • Nahor Murani Hutapea Universitas Riau, Indonesia
  • Elfis Suanto Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.16277

Keywords:

penalaran matematis, sistem persamaan linear dua variabel

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik siswa kelas VIII dapat menggunakan pemikiran matematis dalam menyelesaikan masalah yang melibatkan sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Dua puluh satu siswa akan menjadi subjek penelitian ini. Mereka akan diberikan tes dua soal berbentuk pernyataan. Hasil jawaban siswa terhadap tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir matematisnya digunakan untuk analisis data dalam penelitian ini. Terdapat 9,52% siswa dalam kategori tinggi yang mampu menggunakan penalaran metamatika, 28,57% siswa dalam kategori sedang, dan 61,91% siswa dalam kategori rendah. Keterampilan tersebut dapat dilihat dari seberapa baik siswa menyajikan pernyataan matematis secara lisan, tertulis, dengan gambar atau diagram, seberapa baik mereka membuat dugaan, seberapa baik mereka melakukan perhitungan berdasarkan aturan atau rumus, seberapa baik mereka memeriksa validitas suatu argumen, dan seberapa baik mereka menarik kesimpulan atau membuat generalisasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, siswa yang kurang pandai berpikir matematis paling banyak mengalami kesulitan dengan tanda-tanda yang digunakan untuk melakukan tebakan. Namun sebagian besar siswa mampu menunjukkan kemampuan berpikir yang baik pada dua pertanyaan yang meminta mereka menarik kesimpulan atau membuat generalisasi.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Fahrani, I. W., Hutapea, N. M., & Suanto, E. (2025). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Pekanbaru Pada Materi SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 13(1), 443–453. https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.16277

Issue

Section

Articles

Citation Check