Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Pekanbaru Pada Materi SPLDV
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.16277Keywords:
penalaran matematis, sistem persamaan linear dua variabelAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik siswa kelas VIII dapat menggunakan pemikiran matematis dalam menyelesaikan masalah yang melibatkan sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Dua puluh satu siswa akan menjadi subjek penelitian ini. Mereka akan diberikan tes dua soal berbentuk pernyataan. Hasil jawaban siswa terhadap tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir matematisnya digunakan untuk analisis data dalam penelitian ini. Terdapat 9,52% siswa dalam kategori tinggi yang mampu menggunakan penalaran metamatika, 28,57% siswa dalam kategori sedang, dan 61,91% siswa dalam kategori rendah. Keterampilan tersebut dapat dilihat dari seberapa baik siswa menyajikan pernyataan matematis secara lisan, tertulis, dengan gambar atau diagram, seberapa baik mereka membuat dugaan, seberapa baik mereka melakukan perhitungan berdasarkan aturan atau rumus, seberapa baik mereka memeriksa validitas suatu argumen, dan seberapa baik mereka menarik kesimpulan atau membuat generalisasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, siswa yang kurang pandai berpikir matematis paling banyak mengalami kesulitan dengan tanda-tanda yang digunakan untuk melakukan tebakan. Namun sebagian besar siswa mampu menunjukkan kemampuan berpikir yang baik pada dua pertanyaan yang meminta mereka menarik kesimpulan atau membuat generalisasi.
Downloads
Published
2025-06-30
How to Cite
Fahrani, I. W., Hutapea, N. M., & Suanto, E. (2025). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Pekanbaru Pada Materi SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 13(1), 443–453. https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.16277
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â