UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II SDN 72 KOTA BIMA PADA MATERI BANGUN DATAR MELALUI PENERAPAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v2i1.1849Keywords:
Penerapan PMRI dan Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research) yang  direcanakan dalam beberapa siklu dan dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 72 Kota Bima dengan jumlah Siswa 19 orang yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pelaksanaan dalam tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dengan rumusan masalah adalah bagaimana upaya peningkatan prestasi belajar siswa kelas II SDN 72 Kota Bima pada materi bangun datar melalui penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan prestasi belajar siswa kelas II SDN 72 Kota Bima pada materi bangun datar melalui penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia . Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: (1) data tentang kegiatan proses pembelajaran dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. (2) Hasil belajar Siswa dikumpulkan dengan memberikan tes pada setiap akhir siklus. Ketentuan belajar dikatakan tuntas jika ³ 85% siswa kelas II mendapat nilai > 65 pada tes akhir tiap siklus dan aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif atau baik sesuai dengan standar skor yang telah ditentukan. Hasil penelitian yang didapat adalah sebagai berikut: Siklus I; nilai rata-rata  hasil belajar siswa 72,11 dengan prosentase ketuntasan belajarnya sebesar 78,95%, dan aktivitas siswa pada pertemuan pertama dan kedua adalah sebesar 83 dan 85 yang tergolong pada kategori aktif. Dan terjadi peningkatan pada Siklus II; nilai rata-rata hasil belajar naik menjadi 79,74 dengan presentase ketuntasan belajarnya 94,74% dan aktivitas belajar siswa 91 dan 92 dari skor masing-masing dua Observer berada pada kategori sangat aktif atau baik. Hasil tersebut menunjukkan sudah tercapainya indikator penelitia yang ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada materi mengenal bangun datar dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa kelas II SDN 72 Kota Bima .
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â